The Blog

Proyeksikan pengembangan Perumahan Daerah Ponorogo kelas menengah ke bawah dan menengah akan tetap mendominasi pasar sektor perumahan di tahun ini.

Pelemahan perekonomian nasional yang terjadi pada awal tahun ini cukup memberikan pengaruh terhadap pasar properti, khususnya perumahan, terlihat dari menurunnya jumlah transaksi perumahan serta nilai penyerapan unit secara keseluruhan.

Menanggapi kondisi pasar yang melemah, beberapa developer cenderung untuk meluncurkan unit rumah dengan harga yang lebih terjangkau dan mudah diserap oleh pasar. Hasil pencatatan Lebih dari setengah jumlah pasokan baru berada pada segmen bawah sampai menengah, atau sekitar 75% dari total pasokan baru. Akibatnya, terjadi penurunan penyerapan dalam rupiah yang cukup signifikan selama periode tersebut.

“Penurunan ini bahkan tercatat sebagai penurunan terbesar dalam lima tahun terakhir yang ditulis dalam laporan kajian pasar properti ini dan proyeksi tahun ini yang dikutip.

Tipe Perumahan Daerah Ponorogo yang paling diminati pada tahun ini berada pada rentang harga Rp600 juta sampai Rp1,2 miliar dengan ukuran bangunan sebesar 45 m2 hingga 120 m2  dan luas tanah sebesar 60 m2 hingga 115 m2.

Dari segi komposisi penjualan, terjadi peningkatan yang cukup besar untuk segmen menengah ke bawah, yaitu dari 6% di tahun lalu menjadi 37% di tahun ini, sedangkan untuk segmen menengah komposisinya relatif stabil sebesar 35% dari total penjualan.

Di sisi lain, penurunan komposisi penjualan terlihat pada segmen menengah-atas dan segmen atas. Komposisi penjualan pada segmen menengah-atas turun dari 22% di tahun 2014 menjadi 12% di tahun 2015, dan untuk segment atas turun dari 31% di tahun 2014 menjadi 10% di tahun 2015.

Walaupun demikian, pasar Perumahan Daerah Ponorogo diharapkan akan lebih baik di akhir tahun 2019 dan 2020, dengan ditetapkannya aturan baru mengenai peningkatan LTV guna meningkatkan pembelian properti,” tulis laporan tersebut.  Sedangkan batasan maksimum LTV sebesar 70% dan 60% masing-masing akan ditetapkan pada transaksi kredit properti kedua dan ketiga, serta batasan yang ditetapkan maksimum LTV sebesar 80% akan ditetapkan pada transaksi kredit properti pertama, Tingkat pertumbuhan permintaan tahunan diharapkan dapat mencapai 3,6% di akhir tahun 2015, dan secara moderat akan meningkat menjadi 3,9% di tahun 2016.

Sementara, tingkat pertumbuhan pasokan tahunan diharapkan dapat meningkat sebesar 3,9% pada akhir tahun 2015 dan 4,1% pada tahun 2016, dengan mayoritas pasokan yang terdiri atas segment menengah-bawah dan menengah.

Rata-rata harga tanah di Jawa Timur diperkirakan dapat meningkat menjadi Rp9,7 juta per meter pada akhir tahun 2019, dan diproyeksikan dapat mencapai Rp11,7 per meter di tahun 2020.

Compare Properties

Compare (0)
Mulai Chat
1
Mau Harga Promo Rumah?
Ahlanwasahlan,

Mau Punya Rumah Tanpa Riba? Bisa Cicil Sampai 15 Tahun?

Kontak Kami Segera, Untuk Mendapatkan Harga Promo Bulan Ini

ALEXANDRIA PROPERTY AGENCY

alexandria property agency

KONTAK

6 Pagi – 9 Malam

Melalui WhatsApp / Telepon

SOCIAL

ALAMAT

Jln jola-joli no 107 RT 02 RW 01. lingkungan trunodangsan, kelurahan tambakbayan kecamatan Ponorogo kabupaten Ponorogo

Jalan Kapten Tendean No. 24B, Demangan Kec. Taman Kota Madiun. Kode Pos : 63136