The Blog

 Jenis Rumah Tapak

Pada masa lalu, kebanyakan bangunan rumah tapak berada terpisah dengan rumah lain. Orang umum menyebutnya sebagai rumah tunggal atau detached. Semakin tingginya harga tanah untuk perumahan Kabupaten Ponorogo membuat jenis hunian ini mulai menjelma menjadi rumah gandeng/rumah deret yang dindingnya berdempetan satu sama lain.

Town House

Jenis jenis hunian rumah yang berada di kompleks berjenis town house ini disebut-sebut sebagai apartemen berbentuk horizontal. Di dalam kompleks hunian town house ini terdapat fasilitas umum yang dapat digunakan oleh seluruh warga yang tinggal di perumahan Kabupaten Ponorogo. Bentuk  bangunan rumah di dalam town house juga nyaris sama satu sama lainnya.

Cluster

Perumahan merupakan komplek perumahan Kabupaten Ponorogo yang di dalamnya dibagi menjadi beberapa kawasan atau sub komplek. Terdiri dari rumah-rumah dengan tipe yang sama dan fasilitas umum yang khusus digunakan oleh para penghuninya.

Namun di cluster tersebut juga difasilitasi tempat bermain yang bisa digunakan oleh warga seluruh sub komplek. Ciri-ciri untuk mengetahui sebuah jenis hunian disebut cluster ialah kehadiran pagar tinggi di sekitarnya.

Rumah Tunggal

Jenis jenis hunian seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pada masa lalu kebanyakan bangunan rumah berjenis tunggal. Sekarang, jenis hunian tunggal pun masih eksis namun umum digunakan sebagai tempat peristirahatan di waktu senggang. Biasanya rumah tinggal tersebut berada di daerah pegunungan maupun pantai baik milik pribadi maupun miliki perseorangan untuk dijadikan penginapan.

Apartemen

Jenis hunian apartemen, apartemen adalah blok bangunan bertingkat yang di dalamnya terbagi menjadi sejumlah ruang. Hunian ini banyak yang dibangun di tengah kota yang dekat dengan berbagai pusat kegiatan. Orang-orang kini menyebut tiap ruangan apartemen sebagai unit. Tipe ini umum dibuat ialah studio, one bed room, two bed room, dan condominium. Dalam sebuah kompleks perumahan Kabupaten Ponorogo biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas.

Rumah Susun

Jenis rumah susun rumah susun (rusun) sering diartikan sebagai apartemen sederhana, walupun sebenarnya apartemen bertingkat sendiri dikategorikan dalam jenis hunian ini. Rusun dibuat untuk mengatasi keterbatasan lahan pemukiman di daerah perkotaan. Itulah mengapa kini banyak rusun dibangun di daerah – daerah dan dimasukkan ke dalam program rumah murah.

Kontrakan

Tak jauh berbeda dengan Indekost, kontrakan juga merupakan hunian sewa yang dijadikan alternatif tempat tinggal oleh pendatang dari kota lain. Tempat kost bisa diartikan di dalam suatu rumah yang tergabung dengan rumah inti sang pemilik kost atau dibangun khusus 1 bangunan yang terdiri dari kamar-kamar. Kontrakan sifatnya lebih privat karena disewakan berbentuk satu unit rumah untuk ditempati. Jika terjadi kerusakan dalam masa kontrak, pengontrak pun bertanggung jawab untuk membetulkannya.

Compare Properties

Compare (0)
Mulai Chat
1
Mau Harga Promo Rumah?
Ahlanwasahlan,

Mau Punya Rumah Tanpa Riba? Bisa Cicil Sampai 15 Tahun?

Kontak Kami Segera, Untuk Mendapatkan Harga Promo Bulan Ini

ALEXANDRIA PROPERTY AGENCY

alexandria property agency

KONTAK

6 Pagi – 9 Malam

Melalui WhatsApp / Telepon

SOCIAL

ALAMAT

Jln jola-joli no 107 RT 02 RW 01. lingkungan trunodangsan, kelurahan tambakbayan kecamatan Ponorogo kabupaten Ponorogo

Jalan Kapten Tendean No. 24B, Demangan Kec. Taman Kota Madiun. Kode Pos : 63136