The Blog

Gaji generasi  sekarang ini paling banter kenaikan penghasilan rata-rata 10 persen per tahun, sementara harga rumah (tanah) naik antara 15 hingga 20 persen per tahun.  Menurut suatu survei, harga rumah (tanah) melambung hingga 200 persen. perkiraannya dalam beberapa tahun mendatang generasi milenial tidak akan

Gaji generasi  sekarang ini paling banter kenaikan penghasilan rata-rata 10 persen per tahun, sementara harga rumah (tanah) naik antara 15 hingga 20 persen per tahun.  Menurut suatu survei, harga rumah (tanah) melambung hingga 200 persen. perkiraannya dalam beberapa tahun mendatang generasi milenial tidak akan bisa mencicil rumah di dalam kota “jika pemerintah tidak melakukan sesuatu.”

Penyebab naiknya harga rumah (tanah) di luar akal sehat itu sebenarnya juga sudah diketahui. Yakni terpusatnya kepemilikan tanah secara besar-besaran di tangan segelintir pengembang besar. Sementara itu, sebagian pemilik uang telah menjadikan rumah tinggal, apartemen, atau tanah sebagai instrumen investasi..

Kenaikan harga perumahan Ponorogo murah dan tanah sebenarnya juga disebabkan oleh tidak bertambahnya suplai tanah siap bangun, sementara permintaan akan rumah tapak/apartemen terus melambung mengikuti membaiknya perekonomian masyarakat.

Yang paling menderita dengan situasi itu adalah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang berpenghasilan Rp2,5 juta – Rp4 juta sebulan. MBR makin sulit menjangkau rumah murah. Berangkat dari kenyataan itu, Presiden Joko Widodo pada 29 April 2015 di Ungaran Jawa Tengah memproklamirkan dimulainya Program Sejuta Rumah untuk memenuhi permintaan rumah warga MBR.

Kemudian jangka waktu mengurus semua perizinan itu dari 700-an hari diperkirakan tinggal 44 hari. Dengan memangkas perizinan, dan pelbagai subsidi biaya modal bagi pengembang itu, maka harga pokok rumah yang dihasilkan pengembang diharapkan makin rendah.

Pengaruh dari Program Sejuta Rumah itu sudah dirasakan sejumlah bank. Kredit konstruksi Bank Tabungan Negara, misalnya, tumbuh dari rata-rata 11 persen tahun 2014 jadi 25 persen pada 2015 hingga 2017 tahun berjalan. Tahun lalu penyaluran kredit konstruksi dikeluarkan untuk 595.000 unit rumah, dan 2017 berjalan penyalurannya diharapkan bisa 700.000 unit.

Dengan banyak subsidi itu, pemerintah menetapkan rumah tapak tipe 27, 36, 38 dengan harga Rp110,5 juta untuk wilayah Ponorogo Jawa Timur. Tanpa bunga atau bunga 5 persen, jangka waktu mengangsur 20 tahun,  MBR memiliki penghasilan Rp2,5 juta – Rp4 juta sebulan maka beban cicilan

Usaha memenuhi kebutuhan rumah tinggal untuk MBR itu tentu juga perlu menjadi perhatian yang memiliki akses dan informasi atas tanah yang bisa dipakai untuk membangun rumah murah. Maklum, permintaan perumahan Ponorogo murah demikian tinggi.

Sisa penghasilan setelah dikurangi cicilan rusun bisa dipakai untuk biaya pendidikan anak, dan pembelanjaan sehingga akan menaikkan konsumsi rumah tangga – apalagi bila sekolah, pasar, dan fasilitas kesehatan juga berada dalam jangkauan perumahan Ponorogo murah  dari tempat tinggal mereka. Dengan bertambahnya pengeluaran rumah tangga, otomatis bisa menggerakkan perekoniam nasional.

Jadi, rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah bukan lagi mimpi.

 

Compare Properties

Compare (0)
Mulai Chat
1
Mau Harga Promo Rumah?
Ahlanwasahlan,

Mau Punya Rumah Tanpa Riba? Bisa Cicil Sampai 15 Tahun?

Kontak Kami Segera, Untuk Mendapatkan Harga Promo Bulan Ini

ALEXANDRIA PROPERTY AGENCY

alexandria property agency

KONTAK

6 Pagi – 9 Malam

Melalui WhatsApp / Telepon

SOCIAL

ALAMAT

Jln jola-joli no 107 RT 02 RW 01. lingkungan trunodangsan, kelurahan tambakbayan kecamatan Ponorogo kabupaten Ponorogo

Jalan Kapten Tendean No. 24B, Demangan Kec. Taman Kota Madiun. Kode Pos : 63136